Bupati Shabela Abubakar melantik dan mengambil sumpah 43 guru dan kepala sekolah. (Foto: For LingMerdeka)

TAKENGON | Pemkab Aceh Tengah kembali memutasi tenaga pendidik di lingkungan Dinas Pendidikan dengan menggeser 43 guru dan kepala sekolah (Kepsek).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Bupati Shabela Abubakar di Gedung E Oproom Setdakab setempat, Jumat (22/2) pagi.

Mereka yang dilantik adalah 30 orang guru dan Kepsek TK dan 31 orang lainnya tingkat Sekolah Dasar (SD).

Bupati Shabela mengatakan penyegaran tenaga pendidik didaerah itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kepala sekolah menjadi salah satu penentu tinggi rendahnya mutu pendidikan, selebihnya terletak pada guru, orang tua, masyarakat dan peserta didik,” sebut Shabela.

Shabela mengatakan Pemkab Aceh Tengah berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan di daerah itu. Pendidikan karakter salah satu penegasannya terhadap tenaga pendidik yang dimutasi hari itu.

“Laksanakan pendidikan karakter berlandaskan nilai-nilai Islam, budaya, adat istiadat dan kearifan lokal,” tegasnya.

Menurut orang nomor satu di Aceh Tengah itu, pendidikan karakter bagi pelajar sudah mulai terlihat dengan melibatkan siswa shalat berjamaah di mesjid, ataupun mushola terdekat.

“Kami sudah perintahkan beberapa kepala sekolah untuk menghentikan kegiatan saat waktu shalat Dzuhur tiba. Sudah terlihat terutama siswa SMP Negeri 1 Takengon melaksanakan shalat berjamaah di Mesjid Ruhama,” kata Shabela. (mik/red)

BAGIKAN