Presiden Jokowi pada acara Young on Top National Conference 2018, di Kartika Expo Balai Kartini, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (25/8). (Setkab)

BUAT para pelaku bisnis pemula atau start up, diminta agar bisa menangkap peluang-peluang yang muncul dari perubahan yang sangat cepat. Kepala Negara kita mengatakan sekarang ini yang dijual adalah ide dan gagasan.

Sekarang ide dan gagasanlah yang juga diadu. Presiden Jokowi menunjuk contoh Elon Musk yang menjual ide, menjual gagasan tapi investor yang ingin mendanai banyak sekali mengantre. Pasalnya, gagasannya adalah gagasan besar yang sangat bagus.

“Idenya adalah ide besar yang sangat bagus sekali,” ungkap Jokowi di hadapan peserta Young on Top National Conference 2018.

Jokowi mengingatkan kalau enggak cepat dimulai, nanti anak-anak muda dan negara Indonesia tertinggal karena perkembangan teknologi yang begitu sangat cepat. Oleb sebab itu, presiden menyampaikan bahwa bangsa Indonesia harus terbuka, harus mampu membuka diri dan jangan takut berkompetisi.

“Jangan takut bersaing,” serunya.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta anak-anak muda mulailah kalau ingin berusaha, cepatlah tetapkan ide, tetapkan jenis usaha yang ingin dikerjakan, tentukan tujuan ke mana bisnis mau dibawa.

Sebelumnya, dalam acara yang berlangsung Sabtu (25/8) di Kartika Expo Balai Kartini, Kuningan, Jakarta Selatan itu, Jokowi sempat berkelakar hingga mengudang tawa peserta. Di balik itu, Jokowi menaruh harapan besar kepada anak-anak muda yang disebutnya sebagai youthers dalam menghadapi perubahan yang begitu sangat cepat. (set/*/red)

BAGIKAN