KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengaktifkan sebanyak 588 Posko Siaga Sapta Taruna yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Pembangunan Posko Siaga Satpa Taruna PUPR 2018 merupakan komitmen Kementerian PUPR dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di mudik Hari Raya 1439 H.

Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto yang diwakili oleh Kepala Sub Direktorat Analisa Data dan Pengembangan Sistem Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Nazib Faisal. Dia mengatakan posko yang ada di Pulau Jawa sebanyak 150 buah yang tersebar di Jawa Barat sebanyak 22 posko, Jawa Tengah 23 posko, Jawa Timur 27 posko, dan Yogyakarta DIY 78 posko.

“Para pemudik dapat mengetahui lokasi Posko melalui laman http://binamarga.pu.go.id/mudik2018. Pemudik dapat menikmati tempat istirahat, air minum dan mushola. Selain itu juga disiagakan alat berat untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam,” kata Nazib, seperti dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Nazib juga bertugas sebagai Sekretaris Tin Siaga Sapta Taruna PUPR 2018 pada Forum Merdeka Barat 9 dengan tema “Persiapan Penyediaan Sarana dan Prasarana Transportasi dalam Rangka Penanganan Arus Mudik Lebaran Tahun 2018.

Acara yang dibuka langsung oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widyastuti menampilkan pembicara lainnya yakni Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan Bambang Prihantono dan Vice President Operation Manajement Jasa Marga Cahya AB.

“Kami juga ingin menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap bijak ketika berkendara, mohon tidak berhenti dan mengambil gambar di jalan meski pemandangan dan jalan di Pansela ini menarik sekali,” imbaunya.

Kementerian PUPR membuka jasa pelayanan informasi melalui telepon dan aplikasi whatsapp di nomor 081283835757. “Jasa pelayanan informasi kami terhubung dengan NTMC Polri, Jasa Marga dan Kemenhub. Lalu kami juga menerima masukan informasi jalan rusak yang dapat disampaikan melalui aplikasi Jalan Kita,” tandasnya. (*)

BAGIKAN