Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar membuka acara pembekalan mengatakan Remaja Mesjid. Foto : Istimewa For LingMerdeka

TAKENGON – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melakukan upaya untuk pemberdayaan Remaja Mesjid.

Upaya yang dilakukan dalam bentuk pembekalan bagi Remaja Mesjid Agung Ruhama dan beberapa Remaja Mesjid dari 14 kecamatan di daerah itu.

“Remaja Mesjid yang menerima pembekalan berjumlah 112 orang dari 58 mesjid yang tersebar di seluruh kecamatan,” ungkap Kadis Syari’at Islam Aceh Tengah, Alam Suhada saat pembukaan pembekalan, Sabtu (12/5) di Takengon.

Alam memyebutkan seluruh Remaja Mesjid akan menerima materi dari beberapa narasumber, diantaranya berkaitan dengan peran remaja dalam memakmurkan mesjid dan mengajak masyarakat untuk meningkatkan pemahaman keislaman.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar ketika membuka acara pembekalan mengatakan Remaja Mesjid punya peran penting untuk memberi pemahaman bagi masyarakat khususnya kalangan remaja agar meningkatkan kegiatan keagamaan di wilayah masing-masing.

“Para Remaja Mesjid kami harapkan dapat mengambil peran menjadi motor penggerak untuk meningkatkan nilai-nilai spiritual dalam masyarakat,” kata Shabela.

Shabela juga mengharapkan Remaja Mesjid berperan dalam melakukan pembinaan terhadap para pemuda agar selalu dekat dengan mesjid dan mempelajari Islam.

Menurutnya, semakin banyak remaja yang taat dan shalih, maka semakin mengurangi tingkat kenakalan remaja. Karena perbuatan buruk, seperti pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba mayoritas dilakukan oleh kalangan remaja.

“Oleh sebab itu, pemerintah daerah sangat menyadari besarnya peran Remaja Mesjid dalam upaya untuk meningkatkan keshalihan umat,” demikian Shabela. (mka/*/red)

BAGIKAN