Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyerukan semangat olahraga saat menutup Popda Aceh ke - XV. Foto : Aman Abbad/LingMerdeka

TAKENGON – Tak terasa telah seminggu Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Aceh ke – XV berlalu. Sejak dibuka pada Rabu, 2 Mei 2018,  Kabupaten Aceh Tengah tercatat sukses sebagai tuan rumah.

Selepas siang, Selasa (8/5), penutupan event dua tahun ini sekali ini resmi ditutup Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah di Lapangan Musara Alun Takengon. Nova tampil mengenakan topi oranye dan jaket berkombinasi putih.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah yang telah sukses melaksanakan Popda Aceh ke – XV,” ungkap Nova dalam sambutannya.

Nova berharap pengalaman dalam Popda dapat mendorong semua pihak semakin peduli kepada pembinaan generasi muda. “Khususnya pelajar Aceh yang berbakat dalam olahraga,” tuturnya.

Menurut orang nomor dua di Provinsi Aceh itu, sekolah adalah lembaga pendidikan yang dituntut mampu menciptakan generasi cerdas, kreatif.

Sekolah juga harus dapat menyerap berbagai pengetahuan yang berkembang. Pun demikian, selain menjalankan fungsi akademis, diharapkan turut mampu memberi ruang bagi berkembangnya aspek-aspek non-akademis.

Nova yang hadir di Musara Alun bersama Ibu Wagub, Dyah Erti Idawati menerangkan, ruang aspek tersebut salah satunya adalah memberi kesempatan kepada generasi mengembangkan bakat di bidang olahraga.

Harus Peduli

Lebih lanjut Nova mengungkapkan, generasi muda berkualitas tercermin dari prestasi olahraga. Oleh karena itu, lelaki kelahiran 22 November 1963 itu menegaskan, bila ingin berkembang semua pihak harus peduli dengan bakat-bakat yang dimiliki putra-putri Tanah Rencong.

“Prestasi generasi muda dapat pula diukur melalui pencapaiannya di bidang olahraga,” katanya.

Nova menjelaskan, meningkatkan prestasi olahraga nasional harus dimulai dari pembinaan usia dini. Hal tersebut tertuang di dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Oleh karena itu setiap daerah dianjurkan supaya menggelar kompetisi berjenjang. Agar para pelajar memperoleh kesempatan menyalurkan bakat yang digeluti.

Putra asal Kampung Linung Bulen Bintang itu juga menyampaikan rasa optimisnya, para pelajar terbaik yang mengikuti kompetisi Popda Aceh, pada masa yang akan datang menjadi calon atlit yang mampu mengharumkan nama Bumi Iskandar Muda di tingkat nasional.

“Oleh sebab itu saya sangat mengapresiasi, antusias yang diperlihatkan para pelajar Aceh selama mengikuti kompetisi ini,” seru Nova. (tim/yaa/red)

BAGIKAN