Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, memimpin rapat pengembangan kawasan dataran tinggi Aceh dan GAMIFest di Aula Kantor Bupati Bener Meriah. Foto : Biro Humas For LingMerdeka

REDELONG – Menjelang event Kegiatan Gayo Alas Mountain Internasional Festival (GAMIFest), Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menegaskan kegiatan tersebut harus menemukan titik terang. Penegasan tersebut disampaikan Nova saat memimpin rapat di Aula Kantor Bupati Bener Meriah, Selasa (24/4).

Rapat pengembangan kawasan dataran tinggi Aceh tersebut merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya yang telah dilaksanakan di Jakarta, Takengon dan Banda Aceh. “Hari ini kita harus menemukan titik terang tentang kegiatan dilaksanakan nanti, dan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan, dan darimana sumbernya,” kata Nova.

Rapat tersebut turut dihadiri Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, Wakil Bupati Bener Meriah, Tgk. Syarkawi, Wakil Bupati Gayo Lues, H. Said Sani, Asisten Deputi Pemberdayaan Kawasan Strategis dan Khusus Kemenko PMK RI, serta sejumlah SKPA dan SKPK dan unsur terkait lainnya.

Kegiatan GAMIFest merupakan pintu masuk untuk memulai program percepatan pembangunan di wilayah tengah Aceh. Menurut Nova, sukses atau tidaknya GAMIFest ini akan berpengaruh pada pembangunan di kawasan tengah Aceh.

“Karena itu, pelaksanaan GAMIFest ini harus benar-benar kita persiapkan agar mampu mendorong bangkitnya perekonomian dan bisnis pariwisata di wilayah dataran tinggi Gayo ini,” kata Nova.

Selain itu, lanjut Nova, kegiatan GAMIFest juga akan memperkuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun–Lhokseumawe sebagai program strategis pengembangan ekonomi di Aceh.

Sebagaimana diketahui, kegiatan GAMIFest 2018 akan berlangsung di empat kabupaten, yakni Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara.

Keempat wilayah tersebut memang memiliki karakter budaya yang unik serta potensi wisata serta agro industri yang cukup besar. Sayangnya, potensi itu belum banyak dikembangkan sehingga sumber daya yang ada belum dimanfaatkan secara optimal.

Pada Selasa,30 Januari 2018, Nova Iriansyah juga memimpin rapat koordinasi persiapan pagelaran GAMIFest di Gedung Serbaguna Setda Aceh. Saat itu Nova telah menegaskan dukungan yang diberikan Pemerintah Aceh untuk event yang direncanakan berlangsung 24 Agustus mendatang itu.

Pesta adat dan budaya Gayo-Alas tersebut, kata Nova, merupakan sebuah konsep mendorong pembangunan kawasan di poros tengah. “Pintu masuknya adalah event besar ini,” katanya. (hum/yaa/red)

BAGIKAN