TAKENGON – Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban banjir bandang di Kecamatan Pegasing, Selasa (24/4). Penyerahan bantuan ini dipusatkan di Masjid Babutaubah, Desa Pedekok, Kabupaten Aceh Tengah.

Hadir bersama rombongan Wakil Gubernur Aceh seperti Kepala Dinas Sosial Aceh, Al Hudri, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Teuku Ahmad Dadek, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Dalam kesempatan Nova memberikan bantuan berupa pakaian, tenda, makanan dan kebutuhan pokok yang diperlukan oleh masyarakat.

“Hari ini kami bawa bantuan masa panik, semoga bermanfaat dan mengurangi beban masyarakat,” kata Nova, seraya berharap agar warga yang terkena musibah tetap bersabar.

Nova meminta Shabela untuk mencari akar permasalahan dan penyebab banjir bandang di Kecamatan Pegasing. “Ini harus ditelusuri penyebabnya dan diselesaikan agar musibah banjir bandang dapat dicegah di masa yang akan datang,” ujar Nova.

Sebagaimana dikabarkan, hujan lebat hingga menyebabkan banjir bandang melanda lima desa di Kecamatan Pegasing, Minggu 22 April 2018. Kelima desa tersebut adalah Pedekok, Irelong,  Rihlah, Sukadamai dan Kedelah.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul pukul 16.30 WIB itu menyebabkan 47 Kepala Keluarga (KK) menjadi korban. Kelima kampung tersebut berasal dari Pedekok 18 KK, Suka Damai 9 KK, Wih Lah 4 KK, Erlop 5 KK dan Kede Lah 11 KK.

Beruntung dalam bencana ini tidak menimbulkan korban jiwa. Tetapi masyarakat setempat kehilangan harta benda mereka akibat terendam banjir.

Di sela-sela penyerahan bantuan secara simbolik kepada korban, Bupati Shabela mengungkapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh melalui Wagub Nova. Karena cepat menyalurkan bantuan bantuan masa panik.

Suasana suka cita tergambar di wajah para korban saat menerima bantuan. Karena masyarakat juga dapat berdialog dan menyampaikan harapan langsung kepada Wagub Nova dan Bupati Shabela. (ril/muf/red)

BAGIKAN