TAKENGON – Peningkatan kualitas proposal penelitian sangat berarti bagi eksistensi universitas. Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mencetuskan, perguruan tinggi berkualitas harus memiliki produk penelitian dan publikasi ilmiah.

Bagi Shabela, penelitian dan publikasi ilmiah bagai sumber kehidupan perguruan tinggi. Oleh karenanya sudah diwajibkan “oksigen” tersebut ada.

Demikian dikatakan Shabela, saat hadir dalam workshop peningkatan kualitas proposal penelitian tahun 2018 yang dilaksanakan Universitas Gajah Putih (UGP) Takengon.

“Tidak ada perguruan tinggi yang berkualitas dan maju yang tidak punya produk penelitian dan publikasi ilmiah,” kata Shabela.

Bahkan menurut Shabela, perguruan tinggi yang sudah baik pun masih berlomba untuk menerbitkan publikasi ilmiah sebanyak-banyaknya. Maka tidak ada alasan untuk tidak mengapresiasi dan mendukung workshoop  yang diselenggarakan UGP.

Workshop yang berlangsung di Hotel Bayu Hill Takengon pada Kamis (19/4/) tersebut, melibatkan 77 orang peserta dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Provinsi Aceh. Kegiatan ini merupakan kerjasama UGP dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM DIKTI).

Selain Shabela, turut hadir Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM DIKTI) yang diwakili oleh Kasubdit DRPM DIKTI Prof Dr Drs Saryono MSi, Koordinator Kopertis Wilayah 13 Aceh Prof dr Jamaluddin MEd dan Rektor UGP Takengon Dr Adnan SE MSi.

Belum lama ini diketahui UGP mencari strategi agar potensi dosen dan mahasiswanya semakin meningkat. Salah satunya adalah mendirikan Lembaga Bahasa.

Tim Perumus Lembaga Bahasa UGP melaksanakan Dengar Pendapat di kampus yang berada kawasan Pegasing Aceh Tengah itu. Rapat yang digelar pada pertengahan Maret 2018 tersebut, juga dihadiri Rektor UGP, Adnan.

Ketua Panitia Dengar Pendapat, Patriandi Nuswantoro, didampingi Sekretaris Hasiun Budi mengatakan keberadaan lembaga tersebut sudah menjadi kebutuhan.

“Pembentukan Lembaga Bahasa juga untuk meningkatkan mutu lulusan Universitas Gajah Putih,” kata Patriandi, diamini Hasiun. (mik/yaa/red)

BAGIKAN