TAKENGON – Aroma event Nasional Gayo Alas Mountain Internasional Festival (Gaminfest) sudah makin terasa di Takengon. Karena acara ini akan berlangsung di Kabupaten Aceh Tengah, aparat kampung dari 4 kecamatan sekitar Danau Laut Tawar diberi arahan untuk mempersiapkan wilayah masing-masing.

Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh reje dan aparat lainnya terutama mempersiapkan lingkungan dan masyarakat dalam menghadapi Gaminfest. Arahan tersebut berasal dari Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dengan menggelar pertemuan di Pendopo bupati setempat, Rabu (11/4) malam.

“Jaga kebersihan lingkungan, mulai dari perkarangan rumah warga hingga toilet umum,” kata Shabela.

Selain itu, Shabela juga mengharapkan masyarakat sadar terhadap potensi wisata dengan membuat rumah yang layak menjadi homestay sehingga dapat bernilai ekonomi.

“Tujuan Gaminfest ini harus ada perubahan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik, dalam hal pemberdayaan dan kesejahteraan,” kata Shabela.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Aceh Tengah Windi Darsa mengatakan, pihaknya bersama para camat akan mengawal terus aparat pemerintah kampung untuk mengarahkan masyarakat guna mendukung Gaminfest.

Gaminfest rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Agustus mendatang, berawal dari Kabupaten Aceh Tengah dan berakhir di Kabupaten Gayo Lues pada November 2018. (ril/red)

BAGIKAN