TAKENGON – Ruang inap utama Rumah Sakit Umum (RSU) Datu Beru mulai dimanfaatkan sejak Selasa, 10 April 2018. Beroperasinya ruangan yang dinamakan Dedingin tersebut setelah Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar melakukan peresmian pada hari yang sama.

Shabela meresmikannya bersama Wakil Bupati Firdaus. Menurut Shabela, selama ini kendala pelayanan di RSU Datu Beru adalah kurangnya ruang rawat inap ketika pasien membludak.

“Tambahan ruang baru ini untuk mengatasi kekurangan kamar rawat inap yang sering menjadi kendala pelayanan di rumah sakit,” kata Shabela.

Shabela berpesan, penambahan ruangan inap diharapkan dapat diimbangi dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas medis. “Itu artinya loyalitas,” tegasnya.

Shabela mengharapkan RSU dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan masyarakat. Dia menceritakan pengalamannya menjalani pengobatan di salah satu RSU di Medan.

“Kami kemarin baru berobat di Medan. Belum jumpa dokternya pun sudah sehat,” ungkapnya berseloroh, di hadapan para dokter dan petugas RSU yang hadir dalam prosesi peresmian.

Menjalani proses berobat saat itu, Shabela lalu bertemu dengan seorang dokter. “Usianya 75 tahun. Ia melakukan pelayanannya yang bagus. Dalam waktu dekat kita usahakan datang kemari,” imbuhnya.

Rencana kedatangan dokter senior tersebut untuk menjadi referensi dokter-dokter maupun petugas medis yang bertugas di Takengon. “Pelayanan rumah sakit umum harus ada perubahan yang lebih baik,” pintanya.

Sementara, Direktur RSU Datu Beru Hardy Yanis menyebutkan, ruang Dedingin berstruktur tiga lantai dan memiliki 40 kamar rawat inap untuk kelas VIP. Sebelumnya di rumah sakit ada 276 tempat tidur. Dengan selesai bangunan baru tersebut bertambah menjadi 102 tempat tidur. Sehingga total menjadi 378 tempat tidur.

Dalam prosesi ini, Shabela dan Firdaus serta sejumlah pejabat teras Aceh Tengah sempat meninjau beberapa ruangan rawat inap Dedingin. Bahkan, dalam rangkaian 100 hari kerja sebagai bupati dan wakil bupati, keduanya sempat ditepung tawar disusul Hardy Yanis. Sebelum prosesi ini, Shabela menandatangani prasasti peresmian ruang Dedingin. (yaa/red)

BAGIKAN