Sakit gigi memang tak menyenangkan dan kerap dianggap sepele. Padahal sakit gigi adalah pertanda kuman bersarang di dalam gigi yang berlubang, akibat memakan penganan yang manis secara berlebihan.

Dikutip dari KabarMedan.com, bahkan sakit gigi yang akut menjadi penyebab kematian, seperti yang dialami Vadim Kondratyuk, supir berusia 26 tahun asal California, pada Februari 2017 silam.

Tatkala sakit gigi menyerang, sebagian besar kita berpikir untuk langsung membeli obat di apotek atau memeriksakan diri ke dokter. Padahal ada banyak obat tradisional yang tak kalah ampuh dan aman sebagai obat sakit gigi, di antaranya ada 3 yang paling manjur.

Daun Sirih

Dipercaya dari generasi ke generasi, rebusan daun sirih dapat mengurangi rasa nyeri gigi. Cara membuat ramuannya, siapkan 4 lembar daun sirih dan 1 sendok teh cengkeh. Tuangkan air setara 6 cangkir ke dalam panci, lalu rebuslah kedua bahan itu hingga air mendidih. Dalam kondisi hangat, berkumurlah dengan ramuan itu. Dengan kadar ramuan itu, dapat digunakan hingga 12 kali atau hingga nyerinya sirna.

Bawang Putih

Tak hanya untuk kulit, bawang putih juga terbukti ampuh melawan sakit gigi. Caranya sangat mudah, siapkan 1 siung bawang putih, kupas kulitnya, lalu tumbuk hingga halus. Oleskan pada gigi yang terasa sakit, kemudian tunggu beberapa saat. Setelah itu buang bawangnya, lalu berkumurlah dengan air hangat hingga bersih.

Air Garam

Senyawa kimia sodium atau natrium chlorida (NaCI) pada garam bermanfaat mengatasi masalah sakit gigi. Siapkan satu gelas air hangat, lalu masukkan 1 sendok teh garam, diaduk hingga larut. Setelah itu, gunakan air garam tersebut untuk berkumur-kumur. Nah, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan cara ini secara rutin setiap malam sebelum tidur. (*)

 

BAGIKAN