JAKARTA – Kabar gembira disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan-RB) Asman Abnur. Penerimaan Aparatur sipil Negara (ASN) mendatang akan berfokus pada potensi daerah masing-masing. Misalnya, kalau daerahnya pertanian, maka akan lebih difokuskan kepada pertanian.

Asman Abnur mengabarkan pendaftaran ASN ini akan dibuka pasca Pemilihan Kepala Daerah Juli 2018 nanti. Asman mengatakan, saat ini dirinya masih menentukan formasi untuk penerimaan ASN di 34 provinsi dan 514 daerah di Indonesia.

“Sesuai potensi daerahnya juga menjadi fokus. Jadi kalo potensi daerahnya pertanian, nanti kita akan lebih beratkan pada pertanian. Jika pertambangan kita akan konsentrasi di pertambangan,” jelas Asman Abnur, usai pra-penandatanganan nota kesepahaman antara Menpan-RB dengan Personel Menegement Korea Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (23/3).

Tetapi, bagi daerah yang memiliki anggaran belanja pegawai di atas 50 persen tidak akan disetujui pembukaan pendaftaran ASN-nya. Selain itu, tahun ini penerimaan guru dan tenaga kesehatan menjadi priorias.

Sebab, Asman Abnur mengungkapkan, saat ini Indonesia masih kekurangan tenaga pendidik dan kesehatan. Oleh karena itu, untuk dua posisi tersebut masuk dalam formasi khusus penerimaan ASN tahun 2018 ini.

“Itu formasi khusus. Kita saat ini masih kekurangan tenaga guru dan kesehatan,” tegasnya.

Asman Abnur berjanji formasi penerimaan ASN nantinya akan rampung, dan diumumkan pada Mei 2018 mendatang. (jpg/yaa/red)

BAGIKAN