Presiden Jokowi menyampaikan sambutan dalam jamuan santap siang kenegaraan bersama Gubernur Jenderal Dame Patsy Reddy di Government House, Wellington, Selandia Baru.

RIUH tawa dan tepuk tangan membahana di Government House, Wellington, Selandia Baru, ketika Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya dalam jamuan santap siang kenegaraan bersama Gubernur Jenderal Selandia Baru Dame Patsy Reddy.

“Jangan lupa, jika minum kopi, minumlah kopi Indonesia,” kata Jokowi.

Dirilis dari Setkab RI, Jokowi mengatakan bahwa sebagai seorang mantan pebisnis, insting bisnisnya langsung muncul ketika ia mendengar bahwa masyarakat Selandia Baru senang minum kopi.

“Saya langsung berpikir Indonesia harus dapat mengekspor lebih banyak kopi ke Selandia Baru,” ujarnya, kembali disambut riuh dan tepuk tangan, tepatnya di Norie State Dining Room.

Indonesia, lanjut Jokowi, merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Negara yang dia pimpin memiliki banyak jenis kopi, mulai dari kopi Bali, kopi Sumatera, kopi Jawa, hingga kopi luwak.

“Masing-masing kopi ini memiliki cita rasa keunikan yang berbeda. Saya mendengar kopi Sumatera dan kopi Jawa barat cukup populer di sini,” imbuhnya.

Menutup sambutan dalam jamuan pada hari Senin (19/3) itu, Jokowi berharap diplomasi kopi ini akan menjadi perekat baru hubungan bilateral Indonesia dan Selandia Baru.

“Diplomasi kopi akan menjadi perekat baru hubungan bilateral kita. Hubungan bilateral yang baik yang sudah terjalin selama 60 tahun,” katanya. (ril/red)

BAGIKAN