Mahasiswa Umuslim yang menjadi peserta KKM kembali ke kampus setelah sebulan ditempatkan di Aceh Tengah. For LingMerdeka

TAKENGON – Mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen, peserta KKM yang ditempatkan di Kabupaten Aceh Tengah kembali ke kampus, Selasa (27/2/2018). Para mahasiswa dijemput kembali oleh pihak kampus untuk seterusnya mengikuti perkuliahan seperti biasanya.

Kepala Badan Pelaksana (Bapel) KKM Umuslim Drs. Syarkawi, M. Ed menjelaskan, peserta KKM angkatan ini berjumlah  344 orang  terdiri dari 215 perempuan dan 129 laki-laki. Mereka ditempatkan di tiga kecamatan, yaitu Bebesen, Pegasing, dan Bies selama satu bulan.

“Alhamdulillah program pengabdian tersebut sudah berlangsung dengan sukses dan respon dari masyarakat cukup baik. Banyak pengalaman dan ilmu baru yang diperoleh baik mahasiswa maupun masyarakat selama berlangsungnya program KKM. Proses pengembalian mahasiswa ke kampus dilakukan masing-masing camat daerah lokasi penempatan KKM,” ungkap Syarkawi.

Sekcam Bebesen Alfin Syahrin, SE saat acara perpisahan yang berlangsung di aula kantor camat Bebesen dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat melalui Reje (Kades),  mahasiswa Umuslim telah banyak melakukan program yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Harapannya kedepan Umuslim dapat memilih kembali Aceh Tengah sebagai lokasi pengabdian, dan kami siap menerimanya,” ujar Alfi Syahrin.

Menurut Alfi, ada beberapa program mahasiswa KKM yang sangat menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat. “Seperti program kreatifitas anak, pelatihan komputer bagi aparatur desa, perintisan web desa dan banyak lagi program mandiri dan kelompok di tingkat kampung,” ujarnya.

Koordinator KKM Kecamatan Bebesen Zulkifli, M.Kom dihadapan reje dan aparatur kampung menyampaikan, pelaksanaan KKM berjalan lancar dan telah terjalin silaturahmi yang cukup baik antara mahasiswa dan masyarakat. Hal ini terlihat dari antusiasnya masyarakat menyambut dan mendukung setiap program yang dijalankan.

“Kami sangat berterimakasih dan bersyukur atas sambutan dan silaturahmi ini, dan mengharapkan kepada mahasiswa agar silaturrahmi tidak hanya sampai disini. Tetapi terus berlanjut, baik dalam hal pesta maupun kemalangan agar ada saling berbagi informasi diantara mahasiswa dan masyarakat,” ujar Zulkifli yang juga Kabag Humas Umuslim. (ril/red)

BAGIKAN