Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memberikan mandat pada Joko Widodo sebagai bakal calon presiden yang akan diusung PDIP pada Pemilu 2019 di hari pertama Rakernas III PDI Perjuangan di Sanur, Bali. (istimewa/gesuri.id)

BALI – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menggunakan hak prerogatifnya menunjuk Joko Widodo sebagai Calon Presiden (Capres) yang akan diusung pada Pemilu Presiden 2019.

“Dengan ini saya menyatakan, calon presiden dari PDI Perjuangan adalah Joko Widodo,” kata Megawati, memberikan mandat kepada Jokowi disela-sela pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan di Denpasar, Bali, Jumat (23/2/2018).

Informasi yang diperoleh dari Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ir. Tagore Abubakar yang turut serta dalam Rakernas tersebut mengatakan, Megawati juga meminta semua kader siap memenangkan Jokowi dalam Pilpres 2019 dengan semua tenaga dan sumber daya yang ada.

“Amanah ini harus kita teruskan,” ujar Tagore.

Anggota Komisi II DPR RI Daerah Pemilihan Aceh II ini juga mengungkapkan, kehadirannya dalam Rakernas III PDI Perjuangan di Denpasar, Bali, merupakan bentuk loyalitas terhadap partai.

“Ya, sebagai kader partai saya wajib hadir dalam Rakernas ini. Paling tidak, saya dapat menerima informasi langsung dan meneruskannya,” ungkap Tagore.

Perhelatan Rakernas III PDI Perjuangan kali ini mengusung tema “Pola Pembangunan Berdikari Bagi Indonesia Raya”.

Dilansir dari gesuri.id, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, partai berlambang banteng moncong putih itu memiliki tradisi demokrasi yang telah mengakar yang dijiwai kepribadian bangsa.

Sehingga hal-hal terkait dengan pengumuman nama pemimpin nasional akan disampaikan secara khusus dan dengan desain politik yang penuh dengan nuansa semangat cinta Tanah Air.

Sebelumnya, Jokowi tiba ke tempat penyelenggaraan Rakernas didampingi Megawati Soekarnoputri dan putrinya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Saat Jokowi dan Megawati tiba, Hymne PDI Perjuangan berkumandang menyambut kedatangan keduanya, yang dibawakan oleh para kader partai. Rakernas III yang terselenggara di Bali kali ini, berlangsung pada 23 hingga 25 Februari 2018. (ril/red)

BAGIKAN