Shabela Abubakar turut melakukan penanaman, Selasa (30/1). Foto : For LingMerdeka

TAKENGON – Petani yang tergabung dalam Kelompok Tuah Jaya Tani di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah, mulai menanam tembakau. Sebagai ujicoba penanaman perdana dilakukan di lahan SMKN 2 Takengon, Selasa (30/1).

Ketua Kelompok Tani, M. Yunus menyebutkan, upaya yang dilakukan pihaknya sebagai kelanjutan studi banding ke lahan pertanian dan perusahan tambakau di Sumatera Utara.

“Hasil studi banding kita lihat di Sumatera Utara sistem pasarnya sudah mulai baik dan kita juga sudah menjalin kerjasama untuk memasok tembakau dari Aceh Tengah,” ungkap Yunus.

Yunus mengharapkan dukungan pemerintah daerah agar tembakau Gayo kedepan dapat lebih berkembang.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar yang turut melakukan penanaman perdana mengatakan, tembakau Gayo dulu pernah jaya dan banyak pengusaha sukses berdagang tembakau.

Namun, Shabela mengingatkan agar petani tidak hanya menggantungkan diri pada tembakau. Ini terkait dengan harga yang tidak stabil sehingga perlu juga dipikirkan tanaman lain yang dapat ditumpangsarikan dengan tembakau.

“Prinsipnya kita dukung seluruh upaya masyarakat. Soal tembakau, kita punya yang terbaik. Hanya kendalanya saat ini di teknologi dan pemasaran,” kata Shabela.

Shabela turut didampingi oleh Ketua KTNA Aceh Tengah, Sukurdi Iska, dan Camat Pegasing, Muslim.

Melihat upaya yang dilakukan kelompok tani tembakau di Pegasing, Shabela yakin bila sudah ada kerjasama dengan perusahaan penampung, maka diharapkan dapat lebih berkembang.

“Kita gaungkan tembakau Gayo ini kembali, kita mulai dari Pegasing,” seru Shabela. (mka/red)

BAGIKAN